You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Tiyuh Karta Sari
Tiyuh Karta Sari

Kec. Tulang Bawang Udik, Kab. Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung

Selamat datang di website resmi Tiyuh Karta sari kec. tulang bawang udik kab. tulang bawang barat

LinMas

Administrator 21 November 2023 Dibaca 69 Kali

LINMAS Adalah Satuan Perlindungan masyarakat atau sering kita sebut dengan satlitmas atau yang lebih kita kenal dengan nama linmas/Hansip merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana dan lain-lain.

Secara garis besar tupoksi Linmas itu ada lima.

1. Membantu dalam penanggulangan bencana,

2. Membantu keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat,

3. Membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan,

4. Membantu penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelanggaraan pemilu dan

5. Membantu upaya pertahanan Negara.

 

Sedagkan SATLINMAS Adalah organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Desa/kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta ikut memelihara keamanan.

Dalam penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban masyarakat, satlinmas sebenernya memegang peranan mendasar. satlinmas menjadi pendeteksi awal atas potensi-potensi konflik dan ketidaknyamanan di dalam masyarakat. satlinmas merupakan jajaran keamanan pertama yang turun langsung ke masyarakat, misalnya terjadi perselisihan warga. satlinmas biasanya akan membantu menyelesaikannya bersama kepala desa setempat. kenakalan remaja, tindakan pencurian maupun penanganan pertama terhadap bencana tak akan luput dari perhatian satlinma.

Tugas satlinmas seperti yang tertuang dalam permendagri nomer 84 Tahun 2014 antara lain membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat  membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu dan membantu upaya pertahanan Negara.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image